05 Desember 2019 12:00:55
Ditulis oleh Admin

Gubernur Jawa Timur Tinjau Tanggul Ambles di Desa Sembungrejo Kecamatan Plumpang

http://sembungrejo-plumpang.desa.id-Gubernur Jawa Timur, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si. melakukan peninjauan langsung untuk mengecek kondisi tanggul Sungai Bengawan Solo yang ambles di Desa Sembungrejo Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban Minggu sore (1/12/2019).

Dalam kunjungannya, Gubernur Jawa Timur didampingi oleh Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si. Ketua DPRD Kabupaten Tuban dan anngota DPRD Provinsi Jawa Timur, Kepala Bakorwil Bojonegoro, pejabat Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, dan instansi lain yang terkait.

Meski sudah diperbaiki dan diurug berulangkali, namun tanggul Bengawan Solo di Desa Sembungrejo ini  masih terus ambles dan semakin memprihatinkan. Kondisi ini membuat Masyarakat khawatir tanggul akan jebol atau air akan meluber ke pemukiman dan area persawahan warga apabila intensitas curah hujan terus tinggi dan debit air terus mengalami kenaikan.

Penanganan tanggul yang ambles ini menjadi perhatian khusus, seperti yang dinyatakan oleh Gubernur Jawa Timur. “ini menjadi perhatian khusus, karena kalau ada hujan intensitas tinggi, air bisa meluber ke pemukiman warga.” terang Gubernur kelahiran Jombang ini. Sementara ini penanganan yang dilakukan adalah pemasangan bronjong dan pengurukan pedel, selain itu warga juga bergotong royong mengumpulkan tanah dalam karung untuk diletakkan dan ditata di lokasi tanggul yang ambles.

Dalam hal ini Gubernur Jatim mengatakan jika pihaknya telah melakukan koordinasi dengan kementerian PUPR dan instansi terkait untuk perbaikan tanggul secara permanen. Mantan Menteri Sosial RI ini juga melakukan dialog dengan warga setempat untuk memberikan rasa aman. Selain itu, Khofifah  juga memberikan apresiasi kepada warga yang telah bergotong royong dalam penanggulangan tanggul yang ambles ini.

Dalam kesempatan tersebut wakil bupati tuban juga menyatakan bahwa pemkab tuban telah melarang warga menambang pasir dan menyedot air radius 600 meter dari titik longsor sejak satu bulan ini agar tanggul yang telah diperbaiki tidak ambles lagi. (ins07)



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus