09 April 2020 20:50:56
Ditulis oleh Admin

Pendataan Pendatang/Pemudik dari Luar Daerah Via Aplikasi

http://sembungrejo-plumpang.desa.id-Jumlah pendatang/pemudik dari luar daerah terutama daerah zona merah ke Desa Sembungrejo  semakin bertambah. Mereka adalah pelajar dan warga yang bekerja di luar daerah. Beberapa warga pulang ke desa dalam waktu cukup lama karena pekerjaan dan sekolah mereka di kota telah diliburkan imbas dari Covid-19. Namun mayoritas pendatang adalah warga yang bekerja di luar daerah dan memiliki kebiasaan pulang beberapa minggu sekali.  Mereka hanya pulang ke desa beberapa hari saat libur kerja lalu kembali lagi ke luar daerah karena pekerjaan mereka belum diliburkan.

Keadaan demikian membuat petugas pendata kewalahan jika harus mendata secara manual. Ditambah lagi, banyak diantara pendatang/pemudik yang mendatangi langsung rumah petugas untuk melaporkan kedatangan mereka. Hal ini tentu saja sangat beresiko karena petugas pendata harus kontak fisik dengan para meraka.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, gugus tugas Desa Sembungrejo membuat aplikasi pendataan  pendatang/pemudik. Aplikasi ini merupakan aplikasi instan android yang mana bisa diakses melalui link aplikasi berikut https://surveyheart.com/form/5e892742f411e847dc556078

Cara melaporkan kedatangan lewat aplikasi ini terbilang cukup sederhana dan mudah. Pendatang hanya perlu membuka link diatas kemudian mengisi pertanyaan yang ada dalam aplikasi tersebut, setelah terisi semua lalu tinggal klik “submit” dibagian bawah pertanyaan dan proses laporan sudah selesai. Setelah data di terima oleh operator pendata, maka pendatang/pemudik tersebut akan dikonfirmasi lewat telpon atau WA oleh petugas pendata.  Selain mengkonfirmasi data pendatang/pemudik, petugas juga akan memberikan penjelasan tentang protokol isolasi diri untuk dipatuhi oleh pendatang/pemudik tersebut.

Anggota gugus tugas berharap dengan adanya aplikasi instan ini para pendatang/pemudik bisa melaporkan kedatangan mereka melalui aplikasi tersebut. Dengan demikian pendataan akan lebih efektif dan data akan lebih cepat diterima oleh petugas pendata. Selain itu, penggunaan aplikasi ini juga bisa mengurangi kontak langsung antara anggota gugus tugas dan pendatang/pemudik. (Ins07)



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus