23 Desember 2020 20:15:43
Ditulis oleh Admin

Musyawarah Pemanfaatan Ambulan Desa Sembungrejo

http://sembungrejo-plumpang.desa.id-Pengadaan ambulan desa merupakan salah satu kegiatan yang direncanakan pada tahun 2020 sesuai dengan APBDes Desa Sembungrejo. Rencananya,  pengadaan ambulan desa ini direalisasikan sekitar bulan April, namun karena adanya wabah Covid-19 sehingga baru bisa direalisasikan pada bulan Oktober. Anggaran untuk Pengadaan mobil ambulan desa ini sejumlah Rp. 230.525.000,-  dari Dana Desa (DD).

Sebagai bentuk persiapan pengoperasian ambulan desa ini, Pemerintah Desa mengadakan musyawarah pemanfaatan ambulan desa Rabu pagi (23/12/20) yang bertempat di Balai Desa Sembungrejo. Musyawarah ini dihadiri oleh pemdes, kelembagaan desa, bidan desa, pemuda, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Musyawarah ini membahas dan menyepakati tentang hal hal yang berkaitan dengan pengoperasian ambulan desa. Dari hasil musyawarah disepakati hal hal sebagai berikut. Yang pertama, dibentuk tim sopir siaga yang berjumlah 3 orang dan dikoordinatori oleh salah satu perangkat desa yaitu bapak Riyanto. Kedua, mobil ambulan sementara ditempatkan dirumah koordinator sopir sampai garasi di Balai Desa selesai dibangun. Ketiga, sopir sekaligus penanggung jawab kebersihan ambulan desa honornya ditanggung APBDes. Keempat, biaya perawatan mobil ambulan ditanggung oleh APBDes. Kelima, BBM ditanggung oleh pasien atau keluarga pasien sesuai dengan tujuan dengan rincian: Plumpang (Rp. 50.000,-), Babat (Rp. 50.000,-), Tuban (Rp. 100.000,-), Bojonegoro (Rp. 100.000,-), Lamongan (Rp. 125.000,-), Gresik (Rp. 150.000,-), Surabaya (Rp. 200.000,-). Keenam, jika diperlukan pendamping medis, maka biayanya ditanggung oleh pasien atau keluarga pasien. Dan terakhir, keperluan mobil ambulan ditujukan untuk rujukan, gawat darurat atau kejadian luar biasa (KLB), promosi kesehatan, dan kontrol.

Pengadaan mobil ambulan desa ini cukup penting mengingat jarak desa sembungrejo dengan kota yang cukup jauh. Sehingga adanya mobil ambulan desa diharapkan bisa bermanfaat bagi seluruh warga desa sembungrejo.(ins07)



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus