30 April 2014 18:47:21
Ditulis oleh Admin

Pendidikan

Pendidikan adalah satu hal penting dalam memajukan tingkat SDM(Sumber Daya Manusia) yang dapat berpengaruh dalam jangka panjang pada peningkatan perekonomian. Dengan tingkat pendidikan yang tinggi maka akan mendongkrak tingkat kecakapan masyarakat yang pada gilirannya akan mendorong tumbuhnya ketrampilan kewirausahaan dan lapangan kerja baru, sehingga akan membantu program pemerintah dalam mengentaskan pengangguran dan kemiskinan. Prosentase tinggkat pendidikan Desa Sembungrejo dapat dilihat pada Tabel.

Tabel 2

Tamatan Sekolah Masyarakat

No

Keterangan

Jumlah

Prosentase

1

Buta Huruf Usia 10 tahun ke atas

20 org

1 %

2

Pra-Sekolah

351 org

42 %

3

Tidak Tamat SD

331 org

10 %

4

Tamat Sekolah SD

1044 org

16%

5

Tamat Sekolah SMP

404 org

13 %

6

Tamat Sekolah SMA

353 org

14 %

7

Tamat Sekolah PT/ Akademi

66 org

3 %

       Jumlah Total

2474 org

100 %

 

Rendahnya kualitas/tingkat pendidikan di Desa Sembungrejo, tidak terlepas dari terbatasnya sarana dan prasarana pendidikan yang ada, di samping tentu masalah ekonomi dan pandangan hidup masyarakat. Sarana pendidikan di Desa Sembungrejo baru tersedia di tingkat pendidikan dasar 9 tahun (SD) sementara untuk pendidikan tingkat pertama dan tingkat atas berada di tempat lain yang relatif jauh.

Sebenarnya ada solusi yang bisa menjadi alternatif bagi persoalan rendahnya Sumber Daya Manusia (SDM) di Desa Sembungrejo yaitu melalui pelatihan dan kursus.Namun sarana atau lembaga ini ternyata juga belum tersedia dengan baik di Desa Sembungrejo.



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus