10 Februari 2020 20:54:58
Ditulis oleh Admin

Kunjungan Bupati Tuban Di Tanggul Ambles di Desa Sembungrejo Plumpang

http://sembungrejo-plumpang.desa.id-Bupati Tuban, H. Fathul Huda melakukan tinjauan langsung untuk yang ke dua kalinya di tanggul Sungai Bengawan Solo Desa Sembungrejo Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban untuk mengecek kondisi tanggul yang kembali ambles setelah beberapa kali diperbaiki beberapa waktu lalu Jumat sore (07/02/2020).

Dalam kunjungannya ini Bupati Tuban didampingi oleh Komandan Kodim 0811 Tuban, Kepala BAPPEDA Tuban, Kepala Pelaksana BPBD ,Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas PRKP, dan pihak lain yang terkait.

Kondisi tanggul Sungai Bengawan Solo saat ini semakin memprihatinkan, ditambah intensitas curah hujan tinggi mengingat saat ini adalah puncak musim penghujan. Masyarakat setempat khawatir jika debit air akan terus naik dan tanggul akan jebol sehingga menggenangi rumah warga dan merendam area persawahan.

Bupati Tuban menyampaikan langkah tercepat yang dilakukan adalah kembali meguatkan struktur tanah dan membuat perlindungan dengan penambahan jumlah karung yang diisi tanah. “Yang tecepat adalah tetap kerja sama masyarakat.” Ungkap Bupati telah menjabat dua periode ini.  Seperti yang selama ini sudah dilakukan masyarakat dengan bergotong royong mengisi tanah ke dalam karung untuk diletakkan dan ditata di lokasi tanggul yang ambles. Dalam hal ini, Bupati juga telah mengajukan surat kepada Pemerintah Pusat terkait pembangunan tanggul secara permanen. Sementara untuk penanganan darurat Bupati berharap BBWS segera membuat tanggul semi permanen.

Antonius Suryono Pejabat Pengambil Komitmen (PPK OP SDA) mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan penyelidikan dan pengetesan kondisi tanah dan hasilnya akan menentukan konstruksi apa yang sesuai untuk penanganan tanggul. Hasil tersebut akan dianalisa dan selanjutmya dibuat desain untuk diaplikasikan di lapangan. Pihaknya berharap  dalam kurun waktu kurang lebih 2 bulan penanganan harus sudah jalan sehingga pembangunann tanggul semi permanen bisa segera dilakukan sebagai langkah penanganan darurat. (ins07)

 



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus